Optimisme Plataran Indonesia Dalam Menghadapi PPKM dan Penegakan Hukum Perlindungan Hak atas Merek Plataran & Pelataran

Optimisme Plataran Indonesia Dalam Menghadapi PPKM dan Penegakan Hukum Perlindungan Hak atas Merek Plataran & Pelataran

  • Place / Date
Jakarta, 5 Agustus 2021

Dalam memenuhi ketentuan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak tanggal 3 Juli 2021 yang mengakibatkan ditutupnya sejumlah tempat usaha Plataran di berbagai tempat, maka Plataran tetap melakukan beragam pengembangan inovasi produk dan servis dalam menyambut harapan dibukanya kembali PPKM minggu depan. Selain itu, Plataran Indonesia turut bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Mabes TNI untuk membuat program talkshow Bersama Generasi Kini (BERANI). Program ini ditujukan bagi para generasi muda Indonesia dan akan diluncurkan bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 2021, sebagai salah satu rangkaian kampanye kemerdekaan kami untuk merayakan #MerdekaDariKecemasan.

Selain dari kendala menghadapi PPKM, Plataran juga menghadapi penyalahgunaan penggunaan merek “Plataran” dan “Pelataran” oleh sejumlah pelaku usaha yang tidak bertanggung jawab dalam menjalankan persaingan usaha yang tidak sehat dan melanggar hukum. Penyalahgunaan dilakukan dengan menggunakan nama ataupun gambar dengan merek/nama “Plataran” ataupun “Pelataran” untuk bidang usaha sejenis yang dilakukan oleh Plataran Group. Merek “Plataran” dan “Pelataran” adalah merek yang sah terdaftar atas nama PT Plataran Indonesia Nusantara (Plataran Group) di Direktorat Jenderal HAKI pada Kementerian Hukum & HAM RI untuk sejumlah kelas-dalam bidang usaha restoran, tempat pertemuan, dan tempat akomodasi – dan dilindungi sepenuhnya oleh peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia. Penggunaan merek “Plataran” ataupun “Pelataran” tanpa persetujuan Plataran Group sangat merugikan Plataran Group maupun masyarakat yang terkecoh karena seakan-akan tempat usaha yang dimaksud dikelola/dimiliki oleh Plataran.

Sebagai bentuk perlindungan hak, maka Plataran telah mengumumkan di media Surat Kabar Peringatan & Pemberitaan Penting pada tanggal 4 Agustus 2021, yang pada intinya menyampaikan bahwa Plataran adalah satu satunya pihak yang berhak secara hukum untuk memakai merek dagang dengan nama dan/atau logo ‘Plataran’ dan ‘Pelataran’,” ujar Yozua Makes, CEO Plataran Indonesia.

Dalam kerangka mendukung penegakan hukum, perlindungan hak milik intelektual, kegiatan usaha yang sehat serta pencegahan terhadap informasi yang menyesatkan kepada masyarakat, maka Plataran akan mengambil langkah/tindakan hukum yang diperlukan serta meminta perlindungan hukum dari penegak hukum yang berwenang untuk melakukan tindakan hukum sesuai dengan ketentuan UU Merek, UU Cipta Kerja dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mari kita saling mengapresiasi pelaku usaha yang menjalankan bisnis sesuai dengan regulasi hukum yang benar, termasuk dengan berkompetisi secara sehat.

TENTANG PLATARAN INDONESIA
Plataran Indonesia adalah perusahaan nasional yang didirikan pada tahun 2009 yang bergerak dibidang pariwisata dan kegiatan penunjangnya dan telah memperoleh penghargaan dunia dan nasional seperti Sustainable City and Human Settlement Awards dari Global Forum on Human Settlements, Runner Up Best Asian Sustainable Destination dan Top Sustainable Destinations 100 dari Green Destinations dan Indonesian Leading Hotel Chain dari Indonesian Leading Hotel Chain. Plataran juga merupakan perusahaan yang telah memperoleh pengakuan masyarakat sebagai The True Indonesian Icon dan The True Indonesian Ecotourism Icon dalam kegiatannya yang mengedepankan "Alam-Budaya-Masyarakat Indonesia" di panggung nasional dan dunia.

Untuk informasi lebih lanjut terkait siaran pers ini dan foto, silakan hubungi:

Kontak Media Plataran Indonesia
Rhany Montolalu
Assistant Marketing Communication Manager
P. +62 811-1556-355
E. rhany@plataran.com